blog-img
03/12/2023

SMA Katolik Giovanni Memperoleh penghargaan Indonesian School Excellent Award 2023

Libertino Agusto Dias | Prestasi

Dinyatakan terbukti unggul, Sekolah Menengah Atas (SMA) Katolik Giovani Kupang menerima penghargaan Indonesian School Excellent Award 2023.

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah SMA Katolik Giovani Kupang, RD. Drs. Stefanus Mau, saat dikonfirmasi POS-KUPANG.COM di ruang kerjanya, Selasa 28 November 2023.

Penghargaan Indonesian School Excellent Award 2023 diberikan oleh Indonesian Achievement Center yang merupakan institusi independen yang telah dipercaya dalam tingkat nasional sebagai panduan standar kualitas terbaik, penghargaan untuk kualitas tertinggi dan bergengsi di Indonesia serta memberikan apresiasi kepada pendidik dan lembaga pendidikan terbaik yang berhasil menerapkan inovasi-inovasi dalam dunia pendidikan.

SMAK Giovani Kupang pun mendapatkan penghargaan dengan Award Category "The Best Favorite School in Education Quality Excellent of the Year".

Romo Stefanus mengatakan, sebelum menerima penghargaan tersebut, SMA Katolik Giovani Kupang mendapatkan surat pemberitahuan dari Indonesian Achievement Center Jakarta bahwa SMA Katolik Giovani terpilih bersama 50 lembaga lainnya di Indonesia di tahun 2023 dalam hal memperoleh anugerah sebagai sekolah terbaik dan berprestasi.

Romo Stefanus menyebut, Lembaga Indonesian Achievement Center memiliki penilaian tersendiri dalam memilih lembaga-lembaga yang terbaik.

"Ada beberapa penilaian dari lembaga itu seperti kualitas atau mutu sekolah, lalu pada aspek profil sekolah terkait performance sekolah dari waktu ke waktu. Kemudian, responsibillity yaitu sekolah memberikan respon terhadap perubahan dan tantangan yang terjadi," terangnya.

"Selanjutnya ada transparansi yakni sekolah kami ini cukup transparan dalam pengelolaan managemennya, dan terakhir terkait daya tarik yakni sekolah ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga dari tahun ke tahun banyak siswa/i yang mendaftar," tambahnya.

Menurut Romo Stefanus, dari semua penilaian itu, Lembaga Indonesian Achievement Center itu pun melihat SMAK Giovani bersama lembaga-lembaga lainnya pantas mendapatkan penghargaan.

Selain SMA Katolik Giovani Kupang, tambahnya, Sekolah lainnya dari  NTT yang mendapatkan penghargaan yang sama pada 10 November di Jogjakarta yaitu SMK Kusuma Atambua Belu.

"Dengan adanya penghargaan independent ini, kami terus berjuang dan komitmen meningkatkan kualitas dan profil sekolah ini dan terus menerus memberikan respon terhadap berbagai macam perubahan," ungkap Romo Stefanus.

Dikatakan Romo Stefanus, SMAK Giovani terus meningkatkan SDM para siswa dan SDM guru untuk mempersiapkan out put yang berkualitas dan tidak tertinggal.

"Tentunya SMAK Giovani bukan karena penghargaan ini baru kami mau berkomitmen tetapi kami sudah berkomitmen dari dulu untuk terus berusaha menjadi yang terbaik," pungkasnya.

Selama ini, kata Romo Stefanus, SMA Katolik Giovani terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu dalam mempersiapkan output peserta didik yang berkualitas. Yang mana dari tahun ke tahun terdapat berbagai macam perubahan.

Sehingga, lanjutnya, Sekolah mempersiapkan anak sekolah untuk terjun ke masyarakat atau melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi atau ke Sekolah Kedinasan agar siswa/i itu juga bisa bersaing di kancah Nasional maupun Internasional.

Sementara itu, berdasarkan kutipan surat dari Ketua Penyelenggara dari Lembaga Indonesian Achievement Center Jakarta, Fitria W. Wijaya menyampaikan, melalui event prestigious "Indonesian School Excellent Award 2023" itu merupakan pembuktikan keunggulan dalam memberikan layanan pendidikan yang terbaik sehingga mampu menghasilkan citra positif dari tahun ke tahun.

"penghargaan ini diberikan setelah melakukan penilaian dengan mengacu pada beberapa kriteria yaitu Quality, Performance, Responsibility, Transparancy and Attractiveness," sebutnya.

Disampaikan Fitria, lima penilaian itu dengan atribut pengukuran seperti mempunyai layanan pendidikan inovatif dan berkualitas, pengelolaan manajemen yang baik, mampu berkembang mengikuti perubahan dan memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi.

"Sebagai pendidik atau lembaga pendidikan yang dinilai memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan signifikan dan serasi dengan akseleras? kemajuan pendidikan Indonesia tentu layak diberi sebuah pengakuan," tuturnya.

Fitria menegaskan, Publik memberi pujian, apresiasi dan anugerah bagi mereka yang berprestasi, pekerja keras, energik, dan jujur, serta sebagai bentuk pengakuan yang tinggi dari masyarakat atas kinerja dan kerja nyata yang telah dilakukan.

"Kami sampaikan selamat atas anugerah yang diterima, semoga apresiasi tertinggi ini dapat bermanfaat sebagai komitmen untuk menciptakan karya dan prestasi yang lebih tinggi untuk masyarakat dan regenerasi, sebagai panutan model dan teladan," ungkapnya.

Fitria menambahkan, dari semua itu, pada akhirnya Sekolah penerima penghargaan dapat membantu pemerintah guna menunjang sukses pembangunan nasional, menghadapi tantangan serta menggugah semangat kebangkitan.

"Semoga Tuhan yang Maha Esa senantiasa meridhoi segala upaya kita membangun bangsa dan negara, amin," pungkasnya. (cr20)

Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com dengan judul SMAK Giovani Kupang Terima Penghargaan Bergengsi "Indonesian School Excellent Award 2023", https://kupang.tribunnews.com/2023/11/29/smak-giovani-kupang-terima-penghargaan-bergengsi-indonesian-school-excellent-award-2023.
Penulis: Elisabeth Eklesia Mei | Editor: Rosalina Woso



 

Bagikan Ke:

Populer